FGD pengembangan Aplikasi SIM Aset & SIM Persediaan

Selasa, 16 July 2019 Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) bertempat di PT Global Intermedia Nusantara untuk membahas pengembangan Aplikasi SIM Aset dan SIM Persediaan. Pemkab Gunungkidul dalam hal ini sebagai peserta diskusi dari Bidang Aset & Bidang Akuntansi BKAD juga dari Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul. Hadir dalam forum diskusi sebagai narasumber Aplikasi SIM Aset Pemkab Sleman, Kepala Subbidang Penatausahaan dan Pengendalian Aset Bidang Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sleman Ibu Herni Margiyanti, S.Sos, M.Si didampingi developer Aplikasi Persediaan Ahmad Mustofa, S.Kom.

Acara FGD dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembukaan  yang dipimpin langsung oleh Bapak Prihatin Eka Widada, S.E, M.T selaku Kabid Aset BKAD Kabupaten Gunungkidul.

Selanjutnya pukul 10.15 dimulai dengan pemaparan Aplikasi SIM Aset Pemkab Sleman oleh ibu Herni . Sleman memiliki sistem administrasi terutama pengelolaan aset yang sangat baik. Terbukti mampu meraih WTP (wajar tanpa pengecualian) delapan kali tanpa catatan. Keberadaan Aplikasi SIMASET sangat mendukung para pengelola aset, sehingga akan mendukung pengelolaan yang lebih efektif dan efisien. Lebih jauh dipaparkan semenjak penyusunan tahun 2014 aplikasi SIM Aset bukan tanpa kendala, sehingga sampai sekarang pun BKAD terus berkorrdinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengembangkan Aplikasi SIM Aset yang mana sampai saat ini masih mengacu Permendagri nomor 17 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah belum mengacu Permendagri nomor 108 tahun 2016 tentang penggolongan dan kodefikasi Barang Milik Daerah. Sehingga masih harus ditingkatkan lagi. Secara teknis SIM Aset Pemkab Sleman dapat berjalan baik karena didukung oleh :

  • Dasar Hukum 

Bersama dengan Bidang Akuntansi menyusun Perbub sebagai penguat Laporan Akhir

  • Perangkat Keras

Bersama Kominfo memfasilitasi Pengurus Barang dengan Laptop dan didukung oleh internet yg cepat dan terintegrasi jaringan Fiber Optik.

  • Sumber Daya Manusia

Terus berkoordinasi setiap akhir bulan secara intens, untuk mengevaluasi dan kroscek data untuk meminimalisir kesalahan entry. Mengadakan Pelatihan apabila ada pergantian pengurus barang.

Dokumentasi :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *