Bidang Akuntansi BKAD Kab. Gunungkidul Menyelenggarakan Rekonsiliasi Pendapatan Dan Belanja Bulan Nopember 2018

/, Berita/Bidang Akuntansi BKAD Kab. Gunungkidul Menyelenggarakan Rekonsiliasi Pendapatan Dan Belanja Bulan Nopember 2018

Bidang Akuntansi BKAD Kab. Gunungkidul Menyelenggarakan Rekonsiliasi Pendapatan Dan Belanja Bulan Nopember 2018

 

Pada hari Senin dan Selasa tanggal 17 dan 18 Desember 2018, Bidang Akuntansi BKAD Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Rekonsiliasi Pendapatan dan Belanja Bulan Nopember 2018. Rekonsiliasi ini diselenggarakan dalam rangka melakukan pencocokan data transaksi keuangan yang telah dipertanggungjawabkan dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang telah dientry oleh Perangkat Daerah sampai dengan Bulan Nopember 2018.

Rekonsiliasi dilakukan antara Perangkat Daerah di seluruh Kabupaten Gunungkidul dengan  Bidang Akuntansi BKAD Kabupaten Gunungkidul setiap bulan dengan melampirkan Laporan Pertanggungjawaban Fungsional Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran .

Hasil Rekonsiliasi Pendapatan  dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) yang ditandatangani oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) atas nama Pengguna Anggaran dan Bendahara Penerimaan untuk Rekonsiliasi Pendapatan dan  Kepala Bidang Akuntansi BKAD atas nama Kepala BKAD Kabupaten Gunungkidul, dan hasil Rekonsiliasi Belanja  dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) yang ditandatangani oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) atas nama Pengguna Anggaran dan Bendahara Pengeluaran untuk Rekonsiliasi Belanja dan  Kepala Bidang Akuntansi BKAD atas nama Kepala BKAD Kabupaten Gunungkidul.

Rekonsiliasi Pendapatan dan Belanja dibuka oleh Kepala Bidang Akuntansi BKAD Kabupaten Gunungkidul dimulai dengan penyampaian informasi-informasi tentang pengelolaan keuangan, pertanggungjawaban serta penyampaian informasi yang terkait dengan  pemeriksaan BPK RI  dalam Audit Interim Pemeriksaan Tertentu Belanja Tahun Anggaran 2018 dilanjutkan dengan sharing permaslahan yang ditemui oleh Perangkat Daerah samapai dengan pertanggungjawaban pelaksanaan pendapatan dan belanja sampai dengan Bulan Nopember 2018.

Rekonsiliasi dilanjutkan dengan pencocokan data transaksi keuangan yang telah dipertanggungjawabkan dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang telah dientry oleh Perangkat Daerah sampai dengan Bulan Nopember 2018 dan diakhiri dengan penandatanganan BAR Pendapatan dan BAR Belanja. (Siti Akuntansi)

By |2018-12-21T07:18:46+00:00Desember 19th, 2018|Akuntansi, Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment